Seminar International



Latar Belakang

Pelaksanaan Kongres XIII dan Peringatan 61 Tahun Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) pada tahun ini menjadi milestone penting dalam mengukuhkan peran inklusif profesi akuntan menuju Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Profesi akuntan kini menjadi bagian integral dalam pembangunan berkelanjutan menuju cita-cita bangsa, membangun welfare state di Indonesia.

Profesi akuntan merupakan satu dari sedikit profesi yang akan tetap relevan dan reliable terhadap perubahan yang terjadi di era digital ekonomi. Ketika prosedur standar dan metode telah banyak berubah, tujuan dan nilai-nilai akuntansi serta relevansinya dengan dunia bisnis akan tetap sama. Dengan tingkat ketidakpastian yang belum pernah ada sebelumnya, akuntan dituntut untuk semakin adaptif dan fleksibel agar perannya sebagai penjaga integritas dan stabilitas perekonomian tetap handal.

IAI sebagai organisasi profesi memikul tanggungjawab besar untuk memastikan profesionalisme akuntan, karena di tangan merekalah perekonomian Indonesia bertumpu. Kejayaan negeri yang berawal dari kemajuan perekonomian harus ditempatkan sebagai prioritas bersama. Sebagai garda terdepan dalam menjaga profesionalisme akuntan, IAI senantiasa berupaya memberikan kontribusi signifikan bagi kejayaan negeri ini. Itulah relevansinya ketika profesi akuntan Indonesia di usia 61 tahun pada 23 Desember 2017.

Jayalah Profesi Akuntan, Jayalah Negeri!

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan adalah mengukuhkan peran inklusif profesi akuntan menuju Sustainable Development Goals 2030.

Lima elemen pokok yang menjadi landasan bagi setiap upaya mengoptimalkan peran inklusif akuntan menuju SDGs 2030 adalah:

  1. Pendidikan Berkualitas;
  2. Pembangunan Ekonomi Indonesia Berkelanjutan;
  3. Pengentasan Kemiskinan;
  4. Penguatan Kelembagaan; dan
  5. Inovasi.

Tentang IAI

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah
organisasi profesi yang menaungi seluruh Akuntan Indonesia.
Sebutan IAI dalam Bahasa Inggris adalah
Institute of Indonesia Chartered Accountants.
IAI menjadi satu-satunya wadah yang mewakili
profesi akuntan Indonesia secara keseluruhan,
baik yang berpraktik sebagai akuntan sektor publik,
akuntan sektor privat, akuntan pendidik, akuntan publik,
akuntan manajemen, akuntan pajak, akuntan forensik,
akuntan yang memiliki izin KJA, akuntan syariah dan lainnya.

Informasi